UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR DASAR OTOMOTIF MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING

Lukmannul Hakim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah model pembelajaran problem posing dapatmeningkatkan keaktifan dan hasil belajar dasar otomotif materi baterai menggunakan modelpembelajaran problem posing pada siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) kelas XI SMK N 1Sapuran dan (2) apakah penerapan model pembelajaran problem posing dapat meningkatkanhasil belajar siswa tersebut. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri daridua siklus. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 21 siswa. Metode pengumpulan datamenggunakan metode observasi dan tes. Sedangkan metode analisis data menggunakan deskripsipersentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terjadi peningkatan persentase aktivitasbelajar peserta didik dari 51,67% pada siklus I menjadi 75,82% pada siklus II, dan (2) rerata hasilbelajar peserta didik sebelum penelitian sebesar 71,24 dengan ketuntasan belajar klasikal 66,67%.Pada siklus I rerata hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan menjadi 73,09 denganketuntasan belajar klasikal 76,19%. Pada siklus II rerata hasil belajar peserta didik mengalamipeningkatan dari siklus I menjadi 76,24 dengan ketuntasan belajar klasikal 80,95%. Dengandemikian dapat disimpulan bahwa model pembelajaran problem posing dapat meningkatkankeaktifan dan hasil belajar pada siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) kelas XI SMK N 1Sapuran.Kata kunci: model pembelajaran problem posing

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v5i2.1882

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.