PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ELECTRONIK FUEL INJECTION MENGGUNAKAN PORTABLE INJECTOR TESTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII SMK YPT PURWOREJO

Khoirul Mualif

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pembuatan media pembelajaran dan untukmengetahui hasil belajar siswa menggunakan portable injector tester yang diaplikasikan padamata pelajaran sistem electronik fuel injection.Populasi yang diambil adalah siswa SMK YPTPurworejo yang mendapatkan materi sistem electronik fuel injection. Sampel yang diambil adalahsiswa kelas XII TKR A dan kelas XII B. Penelitian ini menggunakan metode Research andDevelopment dengan desain pretest-postest, dengan sampel dua kelas, yaitu kelas XII TKR Asebagai kelas Eksperimen dengan jumlah 38 siswa dan kelas XII TKR B sebagai kelas kontroldengan jumlah 36 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dengan tes objektifpretest dan postest serta angket untuk mengetahui kelayakan media yag digunakan untukpenelitian. Uji analisis menggunakan statistik parametris dengan uji t-test. Dari hasil penelitian,menunjukkan bahwa media pembelajaran portable injector tester yang dikembangkan layakdigunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran sistem electronik fuel injection, diSMK YPT Purorejo hal ini dapat dibuktikan dari hasil validasi yang dilakukan oleh dosen ahli mediayang menunjukkan hasil 81.6% dari skor kriterium. validasi oleh dosen ahli materi yangmenunjukkan hasil 81.6% dari skor kriterium. Media pembelajaran portable injector tester jugatelah memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan melalui respon siswamelalui tiga tahap uji coba yaitu, uji coba satu-satu memperoleh skor 78% yang meliputi 3 siswa,uji coba kelompok kecil memperoleh 82.7% yang meliputi 15 siswa dan uji coba kelompok besaratau tahap akhir yang memperoleh skor 93% yang meliputi 38 siswa. Pada hasil belajar siswa jugamenunjukkan prestasi belajar dari yang sebelum menggunakan media portable injector tester dansesudah menggunakan media portable injector tester. Melalui uji t-tes dengan taraf kesalahan 5%,hasilnya t hitung lebih besar dari harga t-tabel yaitu 2.76>1.66. Dengan demikian pada kelaseksperimen antara sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran ini.Kata Kunci: Media Pembelajaran, Electronic Fuel Injection, Hasil Belajar

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v5i2.1881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.