PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA SISWA SMK MUHAMMADIYAH PURWODADI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran alat ukurmelalui pembelajaran audio visual di SMK Muhammadiyah Purwodadi Tahun Pelajaran2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakandalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TKR-1 SMK MuhammadiyahPurwodadi yang berjumlah 22 orang siswa laki-laki. Faktor yang diteliti berupa peningkatan hasilbelajar alat ukur siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalahmetode tes akhir siklus. Data yang dianalisis menggunakan analisis data deskriptif dengan teknikpersentase. Hasil penelitian ini adalah bahwa hasil belajar siswa meningkat dari tiap siklusnya.Peningkatan tersebut ditunjukan dari hasil belajar siswa dimana nilai rata-rata awal sebelum siklusI yaitu 54,54 pada pra siklus meningkat menjadi 71,59 pada siklus I, meningkat lagi menjadi 77,73.Sementara itu diamati dari ketuntasan belajar sebelum siklus I sebesar 13,64% pada pra siklusmeningkat menjadi 68,18%, meningkat lagi dengan ketuntasan menjadi 86,36% pada siklus II.Kata kunci: hasil belajar,metode pembelajaran, audio visual
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v5i1.1877
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.