PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM EFI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK PATRIOT PITURUH TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Herdi Karifianto

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa SMK Patriot Pituruh terhadappembelajaran sistem EFI. Hal ini ditandai dengan rendahnya hasil belajar siswa selama prosespembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaranuntuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Meningkatkan minat belajar denganmemanfaatkan media pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan ialah RnD (researd andDevelopment). Sebagai subyek adalah siswa kelas XII TKR A SMK Patriot Pituruh tahun pelajaran2014/ 2015, yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakanmetode, angket dan tes. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknikdeskripsi persentase.Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan media pembelajaran dalampembelajaran sistem EFI dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas XII TKR A SMK PatriotPituruh. Hal ini terlihat dari hasil angket minat belajar siswa sebesar 70.80%. Sementara itu teshasil belajar siswa sebesar 86,67. Peningkatan minat belajar siswa ini berpengaruh terhadappeningkatan hasil belajar. Rata-rata nilai siswa 81.6 dengan ketuntasan 93.33%. Sehingga modelpembelajaran dengan media pembelajaran digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaranyang mengupayakan peningkatan minat serta hasil belajar siswa.Kata Kunci: Pengembangan, media pembelajaran, minat belajar.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v5i1.1876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.