EFEKTIVITAS PENERAPAN KURIKULUM 2013 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK MA’ARIF 1 KEBUMEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antaraefektivitas penerapan kurikulum 2013 terhadap motivasi belajar siswa di SMK Ma’arif 1 Kebumen.Desain penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex-post facto. Penelitian ini dilaksanakan diSMK Ma’arif 1 Kebumen. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 278 siswa. Sampel berjumlah 162siswa ditentukan dengan berpedoman pada nomogram Harry King dengan tingkat kesalahan 5%.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket atau kuesioner. Teknikanalisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan analisisdeskriptif menunjukkan efektivitas penerapan kurikulum 2013 berada pada kategori tinggi 49,38%dan motivasi belajar siswa berada pada kategori rendah dan tinggi sebesar 42,6% dan 41,97%.Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan harga koefisien regresi sebesar 0,162 dengan sig <0,05 dengan efektivitas penerapan kurikulum 2013 dapat diperoleh t = 2,080. Persamaankoefisien regresi . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adapengaruh positif dan signifikan. Tingkat pengaruh yang terjadi termasuk dalam kategori tinggi.Sedangkan hubungan antara kurikulum 2013 dengan motivasi belajar siswa termasuk dalamkategori sangat rendah. Hal ini dapat dilihat dari koefisien korelasi sebesar 0,162 terdapat padainterval 0,000-0,199 (sangat rendah).Kata kunci : Kurikulum 2013, Motivasi Belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v5i1.1875
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.