PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Gitayana Gitayana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui pengaruh antara lingkungan keluarga terhadapprestasi siswa, mengetahui pengaruh antara motivasi orang tua terhadap prestasi siswa,mengetahui pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap motivasi orang tua, dan mengetahuipengaruh antara motivasi orang tua dan lingkungan keluarga terhadap prestasi siswa. Populasipenelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK YEPEKA Purworejo yang berjumlah 40siswa.Sampel penelitian ini berjumlah 20 siswa, ditentukan berdasarkan jumlah siswa yanghadir pada saat pengambilan data.Instrumen pengumpulan data menggunakan angket/kuesionerdengan skala Likert yang masing-masing soal sudah diu cobakan dan telah memenuhi syaratvaliditas dan reliabilitas.Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi ssederhana denganrumus product-momen dan analisis korelasi ganda.Hasil Penelitian menyimpulkan bahwa:terdapat pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap prestasi siswa, yaitu sebesar 0,27;terdapat pengaruh antara motivasi orangtua terhadap prestasi siswa,yaitu sebesar 0,04; terdapatpengaruh antara lingkungan keluarga terhadap motivasi orang tua, yaitu sebesar 0,45 danterdapat pengaruh antara motivasi orang tua dan lingkungan keluarga terhadap prestasi siswakelas XI SMK YEPEKA Purworejo, yaitu sebesar 0,96.Kata kunci: lingkungankeluarga, motivasi orang tua, danprestasibelajar.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v5i1.1874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.