PENGARUH KINERJA GURU DAN SARANA PRAKTIK TERHADAP TINGKAT KEPUASAN SISWA DALAM PRAKTIK TUNE UP MOTOR BENSIN KELAS XI DI SMK JAKARTA 1
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah ada pengaruh kinerja guru terhadapkepuasan siswa dalam pembelajaran praktik tune up motor bensin kelas XI di SMK Jakarta 1, 2)apakah ada pengaruh sarana praktik terhadap kepuasan siswa dalam pembelajaran praktik tuneup motor bensin kelas XI di SMK Jakarta 1, 3) apakah ada pengaruh kinerja guru dan saranapraktik terhadap kepuasan siswa dalam pembelajaran praktik tune up motor bensin kelas XI diSMK Jakarta 1.Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelasXI jurusan Teknik Otomotif SMK Jakarta 1 sebanyak 4 kelas dengan jumlah 131 siswa. Sampeldalam penelitian ini diambil dengan cara proportional random sampling dengan cara diundidengan jumlah sampel sebanyak 95 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalahangket. Instrumen diuji menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi Product Moment dan ujireliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Data dianalisis dengan menggunakan uji prasyaratanalisis yang meliputi uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas serta uji hipotesisdengan menggunakan teknik regresi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh positif dan signifikan kinerja guru terhadaptingkat kepuasan siswa dalam praktik tune-up motor bensin kelas XI di SMK Jakarta 1. Hal inidibuktikan dari nilai t hitung lebih besar dari t tabel (11,746>1,980) dan nilai signifikansi sebesar0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05), 2) ada pengaruh positif dan signifikan saranapraktik terhadap tingkat kepuasan siswa dalam praktik tune-up motor bensin kelas XI di SMKJakarta 1. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung lebih besar dari t tabel (8,993>1,980) dan nilaisignifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05), 3) ada pengaruh positif dansignifikan kinerja guru dan sarana praktik terhadap kepuasan siswa dalam pembelajaran praktiktune up motor bensin kelas XI di SMK Jakarta 1. Hal ini dibuktikan dari nilai F hitung sebesar104,904 lebih besar dari F tabel (104,904 < 3,09) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berartikurang dari 0,05 (0,000<0,05). Besarnya koefisien determinasi (R2) sebesar 0,695 tau 69,5%. Hasilini mengindikasikan bahwa tingkat kepuasan siswa dapat dijelaskan oleh variabel kinerja guru dansarana praktik sebesar 69,5%, sedangkan sisanya sebesar 30,5% dijelaskan oleh variabel lain yangtidak diteliti. Sumbangan efektif (SE) dari kedua variabel dalam penelitian ini sebesar 69,5%.Variabel kinerja guru mempunyai sumbangan efektif sebesar 44,1%, dan variabel sarana praktikmempunyai sumbangan efektif sebesar 25,4%.Kata Kunci: kinerja guru, sarana praktik, tingkat kepuasan siswa
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v5i1.1871
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.