PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SERTA KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SMK
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi serta keaktifan belajar siswa melaluimedia macromedia flash pada mata pelajaran sistem bahan bakar bensin konvensional sepedamotor kelas XI SMK Al Madani Kepil kabupaten Wonosobo dengan jumlah 52 siswa dengan 29siswa kelas eksperimen dan 23 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dengan menggunakanmetode observasi,angket (kuisioner), dan metode tes. Jenis penelitian ini adalah Research andDevelopment (R&D). Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan rerata hasil belajar siswadan persentase motivasi serta keaktifan belajar siswa yang dihitung menggunakan percentagecorrection. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa memperolehpersentase 80,9% dan motivasi belajar siswa memperoleh persentase 89,31% pada kelaseksperimen. Perbandingan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen juga sangatsignifikan. Hal ini ditunjukkan pada peningkatan rerata hasil belajar yaitu dari 63,09 kelas kontrol(Kelas XI B) dengan ketuntasan klasikal 52,17%,dibandingkan dengan kelas eksperimen denganrata rata 80,03 dengan ketuntasan klasikal 82,76%. Jika dilihat dari hasil tersebut, maka modelpembelajaran media macromedia flash efektif untuk meningkatkan keaktifan, motivasi dan hasilbelajar siswa kelas XI A SMK Al Madani Kepil Kabupaten Wonosobo.Kata Kunci: Macromedia Flash, Keaktifan dan Motivasi Belajar Siswa
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v5i1.1860
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.