PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MOTOR STARTER UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS BELAJAR SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BOROBUDUR

Ahmad Rifain suyitno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran Motor Starter, untukditerapkan sebagai media pembelajaran pada kelas XI di SMK Muhammadiyah 2 BorobudurMagelang, dan meningkatkan kreatifitas dan hasil belajar siswa di SMK Muhammadiyah 2Borobudur Magelang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (research &development). Penelitian dan pengembangan ini adalah pengembangan dengan empat langkahyaitu: (1) planning (2) Design (3) development (4) Evaluation. Hasil penelitian menunjukkanbahwa: (1) dihasilkannya media video pembelajaran service perawatan dan perbaikan MotorStarter dengan tingkat kelayakan berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh hasil valid dan layakdengan persentase 85%, penilaian dari ahli media pembelajaran diperoleh hasil valid dan layakdengan persentase 80%, sehingga dapat digunakan dan diuji cobakan kepada peserta didik. (2)Dengan menggunakan media video tersebut menunjukan bahwa ada peningkatan kreatifitasbelajar siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 2 Borobudur Magelang dengan prosentase 75,83%.Nilai rata-rata hasil evaluasi belajar siswa kelas kontrol 72,82% dan kelas eksperimen 82,56 %,terjadi peningkatan 9.74%.Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Audio Video, Kreatifitas.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v5i1.1859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.