PEMBELAJARAN BERBASIS PEMECAHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF SMK NEGERI 2 WONOSARI.

wardaya wardaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif tingkat tinggi siswa melalui pembelajaran berbasis pemecahan di SMKN 2 Wonosari.

Penelitian berupa penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa tingkat 2 program keahlian Teknik Mekanik Otomotif SMK Negeri 2 Wonosari yaitu kelas 2 otomotif A  dengan jumlah 36 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti dengan instrumen pendukung berupa lembar pengamatan guru, balikan siswa dan guru. Teknik analisa data deskriptif dengan didukung data kualitatif.

Hasil pembahasan menunjukkan bahwa iklim pembelajaran menjadi lebih kondusif yang ditandai  dengan meningkatnya keaktifan siswa berupa meningkatnya pertanyaan, menurunnya off task, dan menurunnya ketergantungan siswa pada siswa lain. Tingkat gangguan kelas juga cenderung menurun dilihat dari berkurangnya siswa yang santai ataupun gaduh. Adanya peningkatan dalam ketuntasan belajar walaupun masih relatif kecil. Peningkatan kemampuan kognitif siswa cukup tinggi. Kemampuan kognitif yang di ukur adalah kemampuan analisis meningkat sejumlah 12 siswa atau 33,3%, sintesis meningkat 15 siswa atau 41,6% dan evaluasi meningkat 17 siswa atau 47,2%, ini bisa dilihat dari capaian skor siswa yang cenderung naik disamping hasil laporan kerja yang diberikan setelah pembelajaran berakhir.

 


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v4i2.1310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.