PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PBL DAN DIRECT TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPETENSI MENGGUNAKAN ALAT UKUR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DITINJAU DARI MOTIVASI DAN KREATIVITAS SISWA

heru raharjo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode pembelajaran (Problem Based Learning dan Direct Teaching), tingkat motivasi belajar dan tingkat kreativitas  terhadap hasil belajar kompetensi menggunakan alat ukur. Secara detail tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar kompetensi menggunakan alat ukur antara siswa yang diterapkan dengan metode PBL dan DT; (2) perbedaan hasil belajar kompetensi menggunakan alat ukur antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah; (3) perbedaan hasil belajar kompetensi menggunakan alat ukur antara siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan kreativitas rendah; dan (4) pengaruh interaksi antar variabel terhadap hasil belajar kompetensi menggunakan alat ukur. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan desain faktorial non-equivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X OA dan X OC SMKN 1 Ngawen Gunungkidul sebanyak 63 siswa. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar, angket motivasi belajar, dan tes kreativitas verbal. Data yang terkumpul diolah secara statistik  dengan menggunakan teknik analisis varians (anava) tiga jalur dengan menggunakan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) ada perbedaan hasil belajar kompetensi menggunakan alat ukur antara kelompok siswa yang diterapkan metode PBL dan DT dengan taraf signifikansi 0,000; (2) ada perbedaan hasil belajar kompetensi menggunakan alat ukur antara kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah dengan taraf signifikasni 0,042; (3) tidak ada perbedaan hasil belajar kompetensi menggunakan alat ukur  antara kelompok siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan kreativitas rendah dengan taraf signifikansi 0,192; dan (4) tidak ada interaksi antara  metode pembelajaran dengan motivasi terhadap hasil belajar, tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dengan kreativitas terhadap hasil belajar, dan tidak ada interaksi antara motivasi dengan kreativitas terhadap hasil belajar alat ukur.

 

Kata kunci: PBL, Direct Teaching, Motivasi Belajar, Kreativitas, Hasil Belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v4i2.1309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract: