EKSPERIMENTASI TEAMS GAMES TURNAMENTS DAN GROUP INVESTIGATION PADA KOMPETENSI TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF DITINJAU DARI MOTIVASI

subur pujiono

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran  Teams Games Turnaments dibandingkan model pembelajaran Group investigation pada tingkat motivasi rendah dan motivasi tinggi, serta untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan motivasi pada kompetensi Teknologi Dasar Otomotif siswa kelas X SMK Pancasila 1 Kutoarjo tahun pelajaran 2012/ 2013. Eksperimen ini menggunakan Desain Faktorial. Dari hasil analisi variansi dua sel tak sama menunjukan bahwa model pembelajaran Team game turnamen lebih baik (mean total: 7,8) dibanding dengan model pembelajaran Group Investigation (mean total : 7,6). Sementara pada motivasi tinggi, model pembelajaran Team Game Turnamen lebih baik (mean total: 7,8) dibanding dengan model pembelajaran Group Investigation (mean total : 7,4) dan pada tingkat motivasi rendah model pembelajaran Team Game Turnamen juga lebih baik (mean total: 7,26) dibanding dengan model pembelajaran Group Investigation (mean total : 7,20) dan tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan motivasi.

Kata Kunci: Teams Games Turnaments, Group investigation, motivasi dan Hasil  Belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v4i2.1304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.