MENINGKATKAN KEAKTIFAN PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TALKING STICK DALAM PELAJARAN SISTEM KELISTRIKAN PADA SISWA KELAS XI TKR III SMK NURUSSALAF KEMIRI

sigit sudrajad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar dengan memanfaatkan model pembelajaran talking stick. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Nurussalaf Kemiri tahun pelajaran 2013/ 2014, yang berjumlah 43 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, metode tes, metode angket dan metode dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Berdasarkan data hasil observasi terjadi peningkatan keaktifan belajar siswa dari persentase rata-rata 46,74% pada pra siklus menjadi 60,34% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 70,4% pada siklus II. Pada siklus I rata-rata persentase angket keaktifan belajar siswa yaitu 69,53% dan meningkat menjadi 79,76% pada siklus II. Peningkatan keaktifan belajar siswa ini berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar. Rata-rata nilai siswa dari 58,6 dengan ketuntasan 27,9% pada pra siklus meningkat menjadi 68,9 dengan ketuntasan 55,8% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 73,3 dengan ketuntasan 79,76% pada siklus II.

 

 

Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Model Pembelajaran talking stick.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v4i2.1302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.