MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER KELAS XI SMK MA’ARIF 9 KEBUMEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan keaktifan belajar siswa dengan metode Numbered Head Together ( NHT ) pada mata pelajaran kelistrikan otomotif kelas XI otomotif 3 SMK Ma’arif 9 Kebumen tahun pelajaran 2013 / 2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI otomotif 3 yang berjumlah duapuluh delapan siswa. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket keaktifan siswa. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan prosentase keaktifan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa prosentase keaktifan belajar siswa pada siklus I adalah sebesar 74,07% atau sejumlah 20 siswa, dan pada siklus II keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 77,78% atau sejumlah 21 siswa.
Kata kunci: keaktifan belajar, Numbered Head Together.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v4i2.1299
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.