METODE PEMBELAJARAN TGT PADA KOMPETENSI SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL KELAS XI TKR SMK N 1 PURING

naryadi naryadi

Abstract


Metode pembelajaran TGT pada kompetensi sistem pengapian kovensional kelas XI TKR SMK N 1 Puring. Tujuan penelitian untuk mengetahuai hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran TGT dikelas XI TKR SMK N 1Puring. Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajarsiste, pengapian konvensional dengan metode TGT. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas XI TKR 3 SMK N 1 Puring, yang berjumalah 35 siswa yang terdiri dari 28 laki-laki, dan 7 perempuan. Faktor yang diteliti adalah hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara evaluasi pemberian soal dalam bentuk pilihan ganda. Hasil penelitian dapat disimpulkan. Pada kondisi awal nilai rata-rata 72,6 dengan prosentase 45% siswa yang lulus KKM meningkat pada siklusI 80% yang lulus KKM dengan nilai rata-rata 77,59 dan pada siklus II meningkat menjadi 88%  yang lulus KKM dengan rata-rata nilai 80,8.

 

Kata kunci : hasil belajar,TGT,sistem pengapian konvensional


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v4i2.1298

Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.