MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE RESITASI (RECITATION METHOD) SMK TUNAS NUSANTARA PURWOREJO
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi dan moti vasi belajar siswa SMK Tunas Nusantara Purworejo pada kopetensi dasar pemeliharaan bahan bakar bensin di kelas XI. Penelitian ini dilakukan pada bulan november tahun 2013. Sedangkan hipotesis dalam penelitian ini adalah besrnya pengaruh metode resitasi terhadap prestasi belajar siswa Smk Tunas Nusantara.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Sobjek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XI program keahlian Teknik Sepeda Motor SMK Tunas Nusantara Purworejo tahun ajaran 2013/2014, yang berjumlah 18 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan. Aspek yang diteliti meliputi peningkatan prestasi, dan peningkatan motivasi siswa dalam belajar. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis mengunakan teknik analisis diduktif kuantitatif.Penerapan metode resitasi dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa hal ini dapat dilihat dari evaluasi hasil penelitian siklus 1 kesiklus II yang mengalami peningkatan dari 33,3% menjadi 77,7%. Prestasi belajar siswa kelas XI SMK Tunas Nusantara Purworejo dapat meningkat setelah digunakan metode Resitasi
Kata kunci : mata pelajaran sistem bahan bakar bensin, prestasi belajar, motivasi
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v4i2.1295
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.