MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE PROBLEM BASE LEARNING (PBL) PADA KOMPETENSI MENGUKUR DENGAN ALAT UKUR DI SMK GIRIPURO SUMPIUH BANYUMAS
Abstract
Penerapan metode PBL bertujuan untuk mengetahui adakah peningkatan prestasi belajar siswa dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan prestasi belajar siswa dengan metode Problem Base Learning (PBL) pada kompetensi Mengukur dengan Alat Ukur pada siswa kelas X TKR-5 SMK Giripuro Sumpiuh tahun ajaran 2012/2013.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X TKR 5 SMK Giripuro Sumpiuh, yang berjumlah 35. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe PBL dapat meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa. Hal ini ditandai dengan meningkatnya persentase keaktifan siswa pada setiap siklusnya. Persentase keaktifan siswa pada observasi awal sebesar 76% meningkat menjadi 85 % pada siklus I, dan menjadi 92 % pada siklus II. Hasil belajar juga mengalami peningkatan dari nilai rerata pada data awal sebesar 68,57 meningkat menjadi 80 pada siklus I dan 85,29 pada siklus II. Dari hasil belajar juga diketahui persentase siswa yang lulus mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal mencapai 100% dari jumlah siswa.Sehingga pada siklus II penelitian ini dapat dinyatakan selesai atau dihentikan.
Kata Kunci : Keaktifan, Prestasi belajar, PBL
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v4i1.1291
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.