PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMELIHARAAN SISTEM PENDINGIN DI KELAS XI TOKR F SMK PANCASILA I KUTOARJO

heydar taftazani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tahap pengembangan multimedia interaktif pada pemeliharaan sistem pendingin di kelas XI TOKR F SMK Pancasila I Kutoarjo; (2) proses pengembangan multimedia interaktif pada pemeliharaan sistem pendingin di kelas XI TOKR F SMK Pancasila I Kutoarjo; (3) hasil belajar siswa terhadap penggunaan pengembangan multimedia interaktif pada pemeliharaan sistem pendingin di kelas XI TOKR F SMK Pancasila I Kutoarjo.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI TOKR SMK Pancasila I Kutoarjo. Kelas XI TOKR F sebagai kelas eksperimen menggunakan multimedia interaktif pemeliharaan sistem pendingin dan kelas XI TOKR G sebagai kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan instrumen tes. Analisis menggunakan statistik deskriptif.Hasil analisis data menunjukan bahwa pengembangan multimedia interaktif pada pemeliharaan sistem pendingin berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa di kelas XI TOKR F SMK Pancasila I Kutoarjo. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji T yang di peroleh dari nilai korelasi parsial antara pengembangan multimedia interaktif dan peningkatan hasil belajar siswa (rY) sebesar 4,835 dan nilai signifikan 0,038, karena signifikan kurang dari 0,05 maka pengembangan multimedia interaktif berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

 

Kata kunci: Multimedia Pembelajaran Interaktif, Hasil Belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v4i1.1289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.