PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TRAINER PENGAPIAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS XI TEKNIK OTOMOTIF DI SMK NEGERI 1 GOMBONG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran menggunakan trainer pada kompetensi sistem pengapian (mata pelajaran kelistrikan mesin) dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI Teknik Otomotif di SMK Negeri 1 Gombong. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas dan merupakan penelitian kuantitatif. Analisis data menggunakan metode statistik dengan Korelasi Pearson Product Moment. Dari hasil analisis data pada uji normalitas dapat disimpulkan data pada siklus 1 (Pre-test) normal karena Chi hitung (9,00) lebih rendah dari Chi-Square (11,07); dan data yang diperoleh pada siklus 2 (Post-test) diperoleh data normal, karena Chi hitung (10,00) lebih rendah dari Chi-Square (11,07).Kemudian pada uji homogenitas didapatkan F = 2,01 dan disimpulkan data ini homogen, karena F-Nilai (1,80) lebih rendah dari F-Tabel (1,82). Dan pada uji signifikasi dapat disimpulkan dalam penelitian ini adanya perubahan yang signifikan dengan tingkat kesalahan 5% (0,05) karena F tabel signifikan 5% à 1,82. Berdasarkan perhitungan rata-rata nilai pre-test 66,56 dan post-test 85,75, maka terlihat jelas bahwa nilai post-test lebih tinggi daripada nilai pre-test, sehingga diperoleh nilai T-hitung lebih tinggi daripada T-tabel (9,63 > 2,04), hal ini dapat mengindikasikan bahwa penggunaan trainer pengapian dinyatakan efektif sebagai media pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Teknik Otomotif di SMK Negeri 1 Gombong.
Kata Kunci : penggunaan media trainer pengapian, meningkatkan hasil belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v4i1.1288
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.