PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X SMK PUSPAJATI KABUPATEN KEBUMEN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik siswa kelas XA SMK Puspajati Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014. Subjek dari penelitian ini adalah siswa TKR XA SMK Puspajati Buluspesantren yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 27 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan metode tes. Analisis data diolah dengan menghitung rerata dan menggunakan presentasi rerata. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode tutor sebaya dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa setelah siklus I dan Siklus II. Ketika siklus I yang hanya mencapai KKM sebanyak 46,66% dengan rata-rata 69,54 dan meningkat pada siklus II, KKM 76,67% dengan rata-rata 73,03.
Kata kunci: pembelajaran tutor sebaya, hasil belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v4i1.1286
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.