PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STRUCTURED DYADIC METHODS(SDM) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGGUNAKAN ALAT UKUR TEKNIK KENDARAAN RINGAN KELAS X DI SMK MA’ARIF 9 KLIRONG

apriaji apriaji

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatan prestasi belajar siswa pada materi mengunakan alat ukur dasar otomotif kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Ma’arif 9 Klirong dengan penerapan model pembelajaran Structured Dyadic Methods (SDM). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa hasil presentase siswa yang tuntas pada siklus I sebesar 53,84% sebanyak 21 siswa dengan nilai rata-rata adalah 72,71. Presentase siswa yang tuntas pada siklus II sebesar 100% sebanyak 39 siswa dengan nilai rata-rata 84,41. Terjadipeningkatansiswa yang tuntasdarisiklus I kesiklus II sebesar 46,16%. Terjadipeningkatannilai rata-rata post testsiklus I kepost testsiklus II sebesar 11,70.

 

Kata Kunci: Model Structured Dyadic Methods (SDM), PrestasiBelajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v4i1.1284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.