PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS TUGAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK TUNAS NUSANTARA PURWOREJO

Aji Budi Santoso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menerapkan pembelajaran berbasis tugas dalam pembelajaran mata diklat Pemeliharaan sistem bahan bakar bensin, 2) mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berbasis tugas terhadap motivasi belajar siswa, dan 3) mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berbasis tugas terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Sepeda Motor SMK Tunas Nusantara Purworejo tahun ajaran 2013/2014, yang berjumlah 25 orang yang terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Aspek yang diteliti meliputi kegigihan, tingkah laku, dan aktivitas siswa yang menunjukkan motivasi belajar siswa dan tindakan pembelajaran yang ditunjukkan oleh guru sebagai indikator keterlaksanaan pembelajaran berbasis tugas. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk mencari persentase rata-rata motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah bahwa motivasi dan hasil belajar siswa meningkat dari tiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata motivasi siswa dari pra siklus dengan persentase 58,06% berkategori kurang, naik menjadi 72,70% berkategori cukup dan semakin meningkat pada siklus II yaitu sebesar 81,29%. Hasil belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya hasil pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berbasis tugas berdasarkan persentase siswa yang memenuhi standar kompetensi pada pra siklus sebesar 32%, pada siklus I meningkat sebesar 48% naik menjadi 84% pada siklus II.

 

Kata kunci: pembelajaran berbasis tugas, motivasi belajar, hasil belajar

 


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v4i1.1282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.