PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTIK SISWA PADA KELAS XI SMK INSTITUT INDONESIA KUTOARJO
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Tingkat hubungan profesionalisme guru SMK Institut Indonesia Kutoarjo, (2) Hubungan profesionalisme guru dan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas XI SMK Institut Indonesia Kutoarjo yang berjumlah 110 siswa dan sampel penelitian 84 siswa. Pengambilan sampel secara Random Sampling. Instrumen pengumpulan data dengan dokumentasi dan angket dengan skala likert. Aanalisis data menggunakan korelasi, taraf signifikan dan koefisien determinasi. Hasil uji hipotesis memberikan hasil korelasi persial antara profesionalisme guru terhadap prestasi belajar ( rX1Y) sebesar 9,987, dan nilai signifikan 0,040. Karena signifikan 0,040. < 0,05. menunjukkan nilai R2 adalah 0,762 berarti variabel yang dipilih pada variabel independen dapat menerangkan variasi variabel dependen (prestasi belajar). dengan kontribusi diterangkan oleh variabel lain sebesar 23,08%
Kata Kunci: profesionalismeguru, prestasi belajar siswa
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v4i1.1281
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.