PENGARUH KREATIVITAS GURU DAN FASILITAS PERALATAN PRAKTIK DI BENGKEL OTOMOTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTIK SMK MA’ARIF 4 KEBUMEN

agus historiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Praktik Teknik Kendaraan Ringan Siswa Smk Ma’arif 4 Kebumen, 2) Pengaruh Fasilitas Peralatan Praktik Terhadap Prestasi Belajar Praktik Teknik Kendaraan Ringan Siswa Smk Ma'arif 4 Kebumen, dan 3) Pengaruh Kreativitas Guru dan Fasilitas Peralatan Praktik Terhadap Preastasi Belajar Praktik Teknik Kendaraan Ringan Siswa Smk Ma’arif 4 Kebumen.

Penelitian ini dilaksanakan di SMK Ma’arif 4 Kebumen Jl. Aroengbinang No. 25 Kebumen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Ma’arif 4 Kebumen yang berjumlah 95 siswa dan diambil 75 siswa sebagai sampel dengan teknik proporsional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner atau angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kreativitas guru dan fasilitas peralatan praktik berdampak pada prestasi belajar di SMK Ma`arif 4 Kebumen. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji regresi linier berganda diperoleh nilai Fhitung sebesar 1.174, dengan signifikan 0.031, karena signifikan = 0.031<0.05. Nilai korelasi persial antara kreativitas guru terhadap prestasi belajar (rX1Y) sebesar 1.296 dan nilai signifikan 0.019, karena signifikan = 0.019<0.05. Nilai korelasi persial antara fasilitas peralatan praktik terhadap prestasi belajar (rX2Y) sebesar 2.968 dan nilai signifikan 0.33, karena signifikan = 0.033<0.05. Dari hasil analisis menunjukkan nilai R2 adalah 0.825 berarti variabel yang dipilih pada variabel independen (kreatifitas guru dan fasilitas peralatan praktik) dapat menerangkan variasi variabel dependen (prestasi belajar) diterangkan oleh variabel lain sebesar 20.53%.

 

Kata kunci: Prestasi Belajar, Fasilitas, Kreativitas.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v4i1.1280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.