MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA BERBASIS ULEAD VIDEO STUDIO X6 PADA PEMBELAJARAN SISTEM REM DI SMK PEMBAHARUAN PURWOREJO

aeb wahyudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menigkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan multimedia ulead video studio X6 terhadap siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan di SMK Pembaharuan Purworejo.

Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Pembaharuan Purworejo tahun ajaran 2013/2014 yang mendapatkan materi sistem rem yaitu kelas XII Teknik Kendaraan Ringan yang terdiri dari 104 siswa. Dalam penelitian ini yang digunakan sebagai sampel adalah dua kelas, yaitu kelas XII TKR A dan TKR B. Kelas XII TKR A sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional dan kelas XII TKR B sebagai kelas eksperimen cara menetukan kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan mengundi menggunakan koin. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan instrumen tes. Analisa data meliputi kriteria interprestasi data dan pengolahan data.

Hasil analisis data hasil evaluasi kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh rata-rata kelas kontrol ( kelas TKR A) yaitu 69,83 dan nilai rata-rata kelas eksperimen (kelas TKR B) yaitu 74,1 terdapat selisih antara kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 4,3 dan telah mencapai KKM. Dari analisa di atas terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa sebelum menggunakan media pembelajaran dan sesudah mengunakan media pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dilihat bahwa media pembelajaran ulead video studio sistem rem hidrolik dapat digunakan untuk menigkatkan hasil belajar siswa SMK Pembaharuan Purworejo.

 

Kata kunci : Media Pembelajaran, Sistem Rem, dan Hasil Belajar.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v4i1.1279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.