PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN METODE DIRECT TEACHING MATERI REM DI SMK TAMAN KARYA MADYA TEKNIK KEBUMEN TAHUN AJARAN 2012/2013

yitno hadiningrat

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui langkah-langkah aktivitas belajar siswa dengan penerapan metode direct teaching pada materi sistem rem di kelas XI TKR 6 SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen tahun 2012/2013, (2) mengetahui ada tidaknya peningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi sistem rem melalui penerapan metode direct teaching di kelas X1 TKR 6 SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen tahun 2012/2013.

Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas XI TKR 6 SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen dengan jumlah 40 siswa. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam tiga tahap, yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu: observasi, tes, dokumentasi. Data tingkat keaktivan siswa selama proses pembelajaran dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase. Peningkatan hasil aktivitas siswa dengan menggunakan metode direct teaching diketahui dengan menghitung perbedaan rerata nilai post-test dari setiap siklus. Apabila rerata post-test terjadi peningkatan maka  aktivitas siswa juga meningkat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan pembelajaran kooperatif dengan metode Direct Teaching hasil aktivitas  siswa meningkat. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pengamatan observasi selama proses pembelajaran menggunakan metode Direct Teaching berlangsung. Terdapat peningkatan aktivitas siswa pada pembelajaran  sistem rem kelas XI TKR 6 SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen setelah diadakan penelitian menggunakan metode direct teaching. Peningkatan nilai pada materi sistem rem sebesar 0,5 yang diperoleh dari selisih antara nilai rata-rata post-test siklus I dan nilai rata-rata post-test siklus II.

 

Kata Kunci : Direct Teaching, Aktivitas Belajar

 


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v3i1.1019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.