Implementasi Pendekatan PAIKEM Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Kelas XI SMKN 1 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2012/2013.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi pendekatan PAIKEM dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pada kompetensi memperbaiki sistem rem siswa kelas XI SMK N 1 Wadaslintang Tahun Pelajaran 2012/2013.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas (PTK).Penelitianinidilaksanakan di SMK N 1 Wadaslintang padaKompetensiPerbaikan Sistem Rem Siswa Kelas XI TKR 1. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif komparatif.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan rata-rata hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 56,46% dan meningkat menjadi 75,76 % pada siklus II. Sedangkan untuk hasil belajar pada kompetensi memperbaiki sistem rem kelas XI TKR 1 dengan nilai KKM 75 pada siklus I sebesar 74,70 dan pada siklus II sebesar 80,91. Selain itu presentase ketuntasan belajar kelas tersebut meningkat dari siklus I sebesar 60,61 % dan pada siklus II sebesar 90,91%.
Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, PAIKEM
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v3i1.1015
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.