PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN TUNE UP TOYOTA KIJANG 5K UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK PN PURWOREJO

majid aziz nurmansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pembuatan media pembelajaran tune up toyota kijang 5K dengan menggunakan macromedia flash 8; (2) pengaruh media pembelajaran tune up toyota kijang 5K terhadap hasil belajar siswa di SMK PN Purworejo.Populasi yang diambil adalah siswa SMK PN Purworejo yang mendapatkan materi tune up. Sampel yang diambil adalah siswa kelas XI TKRA dan kelas XI TKRB. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Experimental dengan desain pretest-posttest, non-equivalent control group desaign dengan sampel dua kelas, yaitu kelas XI TKRA sebagai kelas kontrol dan kelas XI TKRB sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 40 siswa untuk masing-masing kelas. Pengumpulan data menggunakan instrumen dengan tes objektif pretest dan posttest. Uji analisis menggunakan statistik parametris dengan uji t-Test.Hasil dari penelitian menunjukkan dengan menggunakan media pembelajaran tune up, terdapat perbedaan prestasi belajar pada siswa SMK PN  Purworejo antara siswa yang diajar menggunakan media macromedia flash dengan siswa yang diajar menggunakan media “konvensional” setelah diberi perlakuan. Melalui uji t-tes dengan taraf kesalahan 5%, hasilnya t hitung lebih besar dari harga t tabel yaitu 2,34 > 1,66. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan pada kelas eksperimen antara sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran tune up.

Kata kunci: media pembelajaran, macromedia flash 8, hasil belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v3i1.1012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.