UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS GEGURITAN DENGAN NATURAL APPROACH PADA SISWA KELAS VIIC SMPN 1 SAPURAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Hidayati Solichah

Abstract


 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) penerapan Natural Approach pada siswa kelas VIIC SMP N 1 Sapuran; (2) peningkatan kemampuan hasil belajar siswa kelas VIIC SMP N 1 Sapuran setelah menggunakan  Natural Approach. Penelitian ini merupakan tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIC SMP N 1 Sapuran. Objek penelitian ini adalah keterampilan menulis geguritan kelas VIIC SMP N 1 Sapuran. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Instrumen pengumpulan data menggunakan rubrik penilaian menulis geguritan dan lembar pengamatan siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik kuantitatif dan teknik kualitatif. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa penggunaan  Natural Approach dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil tes kemampuan siswa pada setiap siklusnya. Hal ini terlihat dari hasil observasi, pada tahap pra siklus siswa yang mempunyai perhatian baik sebanyak 7 siswa atau sebesar 19,44 %, siklus I sebanyak 26 siswa atau sebesar 72,22 %, dan pada siklus II sebanyak  36 siswa atau sebesar 99,99 %. Hasil tes kemampuan siswa juga meningkat. Hal ini terlihat pada hasil tes siswa pada tahap pra siklus yang kurang dari KKM sebanyak 5 atau sebesar 13,89% dan yang lebih dari KKM sebanyak 31 siswa atau sebesar 86,11% dengan nilai rata-rata 68, pada siklus I yang nilainya cukup sebanyak 8 siswa atau 22,22% dan yang nilainya baik 28 Siswa atau 77,77% dengan nilai rata-rata 77, dan pada siklus II yang nilainya cukup hanya 1 siswa atau 2,78% dan yang nilainya baik sebanyak 35 siswa atau sebesar 97,22% dengan nilai  rata-rata 82.

 

Kata Kunci: menulis, geguritan, natural approach


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.