SOSIOLOGI SASTRA DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM ROMAN KADURAKAN ING NGISOR DRINGU KARYA SUPARTO BRATA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Sosiologi Sastra yang terkandung dalam Roman Kadurakan ing Kidul Dringu Karya Suparto Brata; (2)Nilai-nilai Pendidikan Moral dan Budi Pekerti yang terkandung Roman Kadurakan ing Kidul Dringu Karya Suparta Broto. Teori yang dijadikan dasar analisis skripsi ini adalah teori Nyoman Kutha Ratna(2013), Wijaya Heru Santosa, dan Sri Wahyuningtyas, (2009). Subjek dalam penelitian ini adalah Roman Kadurakan ing Kidul Dringu Karya Suparto Brata. Objek penelitian adalah Sosiologi Sastra, Pendidikan Moral dan Budi Pekerti yang terdapat dalam Roman Kadurakan ing Kidul Dringu Karya Suparto Brata. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah berupa teks novel Roman Kadurakan ing Kidul Dringu Karya Suparto Brata. Metode yang digunakan sebagai teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan teknik catat. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri yang dibantu dengan kartu pengumpul data, buku-buku dan media lain yang mendukung. Kemudian analisis data, peneliti menggunakan teknik analisis konten (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sosiologi sastra yang sejalan dengan Roman Kadurakan ing Kidul Dringu Karya Suparto Brata meliputi. kekerabatan terdapat 4 indikator, perekonomian terdapat 2 indikator, politik terdapat 2 indikator, pendidikan terdapat 3 indikator, kepercayaan terdapat 2 indikator, pendidikan moral terdapat 11 indikator lan budi pekerti terdapat 3 indikator.
Kata Kunci: Sosiologi Sastra, Pendidikan Moral dan Budi Pekerti, Roman
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.