PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF BERAKSARA JAWA DENGAN METODE PAKEM SISWA VIII B SMPN 1 AYAH

Amri Koswati

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan peningkatan metode PAKEM dalam pembelajaran menulis paragraf beraksara Jawa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri I Ayah tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan menulis paragraf beraksara Jawa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes yaitu soal yang telah memenuhi syarat validitas dan nontes yaitu observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan penghitungan rata-rata. Penerapan metode PAKEM siswa kelas VIII B ini dilakukan dalam 2 siklus. Pada pra siklus penyampaian materi belum memakai metode. Siklus pertama menggunakan metode PAKEM dengan media LCD. Siklus kedua menggunakan metode PAKEM dengan teknik diskusi. Hasil pembelajaran siswa pada pra siklus sebesar 58. Siklus pertama sebesar 72 dan siklus kedua sebesar 83. Dapat disimpulkan bahwa dengan metode PAKEM mampu meningkatkan keterampilan menulis paragraf beraksara Jawa.

 

Kata kunci: menulis paragraf, aksara Jawa, metode PAKEM


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.