PEMEROLEHAN RAGAM BAHASA JAWA PADA ANAK USIA 2 TAHUN (Studi kasus)

Fitria Dwi Apriliawati

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pemerolehan bahasa Jawa pada anak usia 2 tahun, (2) ragam bahasa Jawa yang diperoleh anak usia 2 tahun. Teori yang mendukung dalam penelitian ini adalah teori Chaer, Dardjowidjojo, Tarigan, dan Kushartanti tentang pemerolehan bahasa. Antara teori yang satu dengan teori yang lainnya penulis jadikan sebagai teori yang saling melengkapi. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu anak usia 2 tahun yang bernama Zulfa Azalia Salsabila, sedangkan objek penelitian ini yaitu wujud pemerolehan bahasa anak usia 2 tahun ragam bahasa Jawa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik rekam, teknik catat, dan teknik pancing. Instrumen pengumpulan data ialah peneliti sendiri dan dibantu dengan alat-alat seperti kartu data, alat perekam, dan alat tulis. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh hasil penelitian bahwa wujud pemerolehan bahasa pada anak usia 2 tahun berupa pengulangan kata, penggantian konsonan, pemotongan atau pemendekan kata, penggantian kata, penambahan konsonan, dan penggunaan kalimat negatif atau penolakan. Anak yang bernama Zulfa Azalia Salsabila lebih banyak dan hampir selalu menggunakan bahasa Jawa ngoko daripada bahasa Jawa krama untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain dalam kesehariannya karena di lingkungan keluarga dan di lingkungan masyarakat sekitarnya biasa menggunakan bahasa Jawa ngoko.

 

Kata kunci : pemerolehan bahasa, bahasa Jawa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.