ANALISIS DEIKSIS DALAM NOVEL LINTANG PANJER RINA KARYA DANIEL TITO DAN PEMBELAJARANNYA DI SMA

Diyah Agustiyan

Abstract


DiyahAgustiyan. 2012. “Analisis Deiksisdalam Novel  Lintang Panjer Rina Karya Daniel Tito danPembelajarannya di SMA. Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan macam-macam deiksis  yang terdapat dalam novel  Lintang Panjer Rinakarya Daniel Tito ; (2)  mendeskripsikan pembelajaran sastra khususnya deiksis dalam novel Lintang Panjer Rina karya Daniel Tito di SMA.

Subjek penelitian ini adalah novel Lintang Panjer Rinakarya Daniel Tito yang diterbitkan oleh Yayasan Sasmita Budaya Sragen merupakan arsip pada tahun 2002dengan tebal 115 halaman.Objek penelitian ini adalah analisis deiksis dan juga pembelajarannya. Fokus penelitian ini adalah macam-macam deiksis serta pembelajarannya di SMA. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kepustakaan, oleh karena itu pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi. Penelitian ini penulis menggunakan teknik penyajian data informal. Jadi, penyajian hasil penelitian, penulis menggunakan kata-kata biasa.

Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa (1) ada tiga macam deiksis yang terdapat pada novel  Lintang Panjer Rina karya Daniel Tito  yaitu deiksis persona yang dalam penelitian ini berupakata:  dheweke, Panambang –e, Bocah-bocah mau, panambang –mu,  panambang –ku,  aku, bocah loro,  kowe,  bocah-bocah kuwi,  wadon tuwa iki,  loro-lorone,  sampeyan,  dhik,  mas,  bulik  ,  wong loro; deiksis  waktu meliputi: wayah mengkono, mau, mengko,  saiki,  yah mene,  sesuk, wingi,  sore iki, wengi iki,  sewelas dina kepungkur, mengko bengi, awan kuwi, dina iki, emben,  wengi kuwi,  wektu semana,  biyen,  sesuk bengi,  pirang-pirang dina iki,  telung dina kepungkur,  wulan ngarep,  wiwit kuwi,  lebaran wingi,  telung sasi sadurunge,sore iku,  minggu cendhake;deiksis tempatmeliputi:  kono,  ing kana,  kene, njero gedung, panambang –e, dhaerah kuwi, dhaerah kono, mrono, kantor,  mrene; (2) Pembelajaran novel Lintang Panjer Rina karya Daniel Tito terdiri dari  tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan  pembelajaran berdasarkan Kurikulum  Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang  tertuang dalam silabus. Pembelajaran novelLintangPanjerRinakarya Daniel Tito  menggunakan model pembelajaranJigsaw.Metode yang digunakan yaitu, ceramah,  Tanya jawab, diskusi, dan penugasan. Evaluasi berupa soal uraian.

 

Kata kunci:analisis, deiksis, novel, dan pembelajaran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.