UPAYA PENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA WACANA BERHURUF JAWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 7 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013

Yuli Widiyono, Eko Santosa, Eni Susiyati

Abstract


Eni Susiyati “Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Wacana Berhuruf Jawa Menggunakan Model Kooperatif Tipe  Team Assisted Individualization (TAI) Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 7 Purworejo Tahun Ajaran 2012/2013”.Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) langkah-langkah pembelajaran membaca wacana berhuruf Jawa menggunkan model (TAI) padasiswa kelas VIII C SMP N 7 Purworejo, (2) motivasi belajar siswa terhadap penggunaan model (TAI) dalam membaca wacana berhuruf Jawa, (3) kemampuan hasil belajar siswa setelah menggunakan model (TAI).

Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII C yang berjumlah 31 siswa. Faktor yang diteliti berupa peningkatan keterampilan membaca wacana berhuruf Jawa. Terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.  Teknik pengumpulan data  yang digunakan observasi, angket, tes dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, data dianalisis dengan menggunakan teknik kuantitatif dan teknik kualitatif.

Dari hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa penggunaan model (TAI) dapat meningkatkan (1) aktivitas siswa maupun guru, (2) motivasi belajar siswa dan, (3) hasil tes kemampuan siswa pada setiap siklusnya. Peningkatan ini, terlihat dari hasil observasi, pada kegiatan pra siklus aktivitas belajar siswa sebesar 40 %, guru 40%, siklus I sebesar 76,6%, guru 80% dan pada  siklus II sebesar 93,3%, guru 100%.  Rerata gabungan tiap pernyataan motivasi siswa pada siklus I yaitu sebesar 3,88 termasuk baik  meningkat menjadi 4,61 termasuk sangat baik pada siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa terlihat pada hasil pre test kegiatan pra siklus mean yang diperoleh sebesar 65,03 dengan rata-rata ketuntasan belajar yang diperoleh sebesar 32,26% belum memenuhi KKM. Pada kegiatan siklus I diperoleh mean post test 1 sebesar 73,68 dengan rata-rata ketuntasan belajar yang diperoleh sebesar 67,74%. Hasil belajar siswa meningkat menjadi 78,84 mean post test II, dengan rata-rata ketuntasan belajar sebesar 83,87% sudah memenuhi KKM, pada siklus II. Pemberian penghargaan berdasarkan skor rata-rata nilai kemajuan yang diperoleh tiap kelompok. Jadi, penerapan model (TAI), dapat meningkatkan keterampilan membaca wacana berhuruf Jawa siswa Kelas VIII C SMP N 7 Purworejo tahun ajaran 2012/2013.

 

 

Kata Kunci: Peningkatan, Keterampilan, Membaca Wacana Berhuruf Jawa, Team

Assisted Individualization (TAI)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.