ANALISIS STRUKTUR OBJEKTIF NOVEL KINANTI KARYA MARGARETH WIDHY PRATIWI

Aswatun Hasanah

Abstract


Aswatun Hasanah. Analisis Struktur Objektif Novel Kinanti Karya Margareth Widhy Pratiwi.  Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa.  Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2013.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang (1)  aspek struktur objektif dalam novel Kinanti karya Margareth Widhy Pratiwi; (2)  kandungan nilai budi pekerti dalam novel Kinanti karya Margareth Widhy Pratiwi; dan (3) hubungan antarunsur dalam novel.

Objek penelitan dalam skripsi ini yaitu aspek struktur objektif dalam novel Kinanti karya Margareth Widhy Pratiwi,  kandungan nilai budi pekerti tokoh dalam novel Kinanti karya Margareth Widhy Pratiwi, dan hubungan antarunsur dalam novel.  Subjek penelitiannya adalah novel Kinanti karya Margareth Widhy Pratiwi.  Sumber data dalam skripsi ini yaitu berasal dari novel Kinanti karya Margareth Widhy Pratiwi.  Instrumen penelitian dalam hal ini yaitu buku-buku teori tentang kajian struktural novel, novel Kinanti, bolpoint, dan nota catatan.  Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi kepustakaan dan metode deskripsi.  Teknik analisis data menggunakan metode analisis isi.

Hasil penelitian yaitu, sebagai berikut: (1) tema ketidakharmonisan dalam keluarga Sujarwo.  Tokoh utamanya yaitu Kinanti, pelaku tambahan yaitu Yulia, Sujarwo, Sumpana, Kelik, Lik Semi, Boy, Pak Aminoto, Bu Aminoto, Hapsari, Anjani, Widarini dan Dhik Imam.  Latar terbagi dalam tiga jenis, yaitu latar tempat, latar waktu dan latar sosial.  Gaya bahasa menggunakan gaya bahasa simile, personifikasi, metafora, ironi, dan hiperbol.  Sudut pandang menggunakan sudut pandang orang pertama.  (2) Nilai budi pekerti yang terkandung dalam novel Kinanti antara lain: penyabar, pemaaf, pemberani, egois dan tidak bertanggungjawab.  (3) Hubungan antarunsur yaitu hubungan tema dengan tokoh, hubungan tokoh dengan latar, hubungan alur dengan latar, hubungan alur dengan tokoh dan penokohan, hubungan penokohan dengan sudut pandang, hubungan tema dengan amanat, dan hubungan tema dengan latar.

 

Kata-kata kunci: struktur objektif novel


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.