PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA GEGURITAN DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 37 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013

Lilik Yuliwantoro

Abstract


Penelitianinibertujuan: (1) mendeskripsikan penerapan media audio visual pada pembelajaran keterampilan membaca geguritan bagi siswa kelas VIII A SMP Negeri 37 Purworejo Tahun Ajaran 2012/2013dan (2) mendeskripsikanpeningkatan keterampilan membaca geguritan siswa kelas VIII A SMP Negeri 37 Purworejo Tahun Ajaran 2012/2013 setelah dilakukan pembelajaran dengan media audio visual.

Penelitianiniadalahclassroom action research (penelitiantindakankelas). Subjekdalam penelitian ini adalah guru pembimbing (guru bahasa Jawa) dan siswa kelas VIII A SMP Negeri 37 Purworejo.Pengumpulan data menggunakantekniktesdannontes (observasidanwawancara).Data diukurkevalidannyadenganteknikcontent validity (validitasisi).Adapunanalisis data menggunakanteknikkualitatifdankuantitatif.

Hasilpenelitianiniadalah: (1) penerapan pembelajaran membaca geguritan dengan media audio visual pada siswa kelas VIII A SMP N 37 Purworejo berlangsung selama dua siklus dan tiap siklus terbagi menjadi dua pertemuan. Pada setiap siklusnya, diterapkan empat tahap pembelajaran, yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan refleksi pada siklus II sebagai kegiatan paling akhir dalam pembelajaran, diperoleh hasil bahwa penerapan media audio visual berhasil mengubah aktivitas siswa menjadi lebih baik, selain juga meningkatkan nilai tes mereka dalam membaca geguritan; (2) peningkatan keterampilan membaca geguritan siswa kelas VIII A SMP N 37 Purworejo setelah dilakukan pembelajaran membaca geguritan dengan media audio visual adalah sebesar 12,3 pada siklus I, yakni dari nilai prasiklus sebesar 58,7 menjadi 71 pada siklus I dan meningkat lagi sebesar 9,1 menjadi 80,1 pada siklus II. Peningkatan tersebut terjadi di hampir semua aspek penilaian membaca geguritan yang meliputi aspek kelancaran, konsentrasi, mimik wajah, kejelasan ucapan, intonasi, nada, gerak tubuh, dan penguasaan panggung.

Kata Kunci: Membaca, Keterampilan, Media Audio Visual, Geguritan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.