UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PENGALAMAN PRIBADI DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VIII-D SMP NEGERI 2 KARANGANYAR KEBUMEN

Iman Ponco Ariyanto

Abstract


Iman Ponco Ariyanto. “Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara (Pengalaman Pribadi) Bahasa Jawa dengan  Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 2 Karanganyar Kebumen”. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2013

Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah penerapan pembelajaran cerita pengalaman pribadi bahasa Jawa menggunakan metode Demonstrasi Kelas VIII D SMPN 2 Karanganyar; (2) Bagaimanakah peningkatan kemampun bercerita pengalaman priabadi bahasa Jawa siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Karanganyar setelah mendapat pembelajaran menggunakan metode demonstrasi.

Penelitian ini merupakan tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D dan guru bahasa Jawa SMP N 2 Karanganyar Kebumen. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa berupa keterampilan berbicara pengalaman pribadi bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh. Instrumen yang digunakan yaitu  lembar observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi.

Hasil tes keterampilan  berbicara pengalaman pribadi Bahasa Jawa pada kegiatan prasiklus menunjukan rata-rata nilai kelas sebesar 66, mengalami peningkatan rata-rata kelas sebesar 72,7 pada kegiatan siklus I. Rata-rata nilai siswa meningkat kembali menjadi 78.8 pada kegiatan siklus II. Pada kategori nilai ketuntasan siswa pada kegiatan prasiklus adalah 26,47% atau  sebanyak 9 siswa, mengalami peningkatan ketuntasan menjadi 50% atau sebanyak 17 siswa pada siklus I, kategori ketuntasan siswa pada siklus II meningkat lagi menjadi 88,2% atau sebanyak 30 siswa. Hal ini menunjukkan bahwa melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran berbicara (pengalaman pribadi) bahasa Jawa.

 

Kata kunci : keterampilan berbicara, metode demonstrasi


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.