UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JAWA KRAMA MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KAJORAN KABUPATEN MAGELANG

Endah Nurcahyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran berbicara bahasa jawa menggunakan media video orang berdialog menggunakan ragam krama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kajoran, mendeskripsikan perubahan sikap dan perilaku siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kajoran setelah mendapat pembelajaran berbicara menggunakan media video, dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara bahasa Jawa menggunakan media video orang berdialog menggunakan ragam krama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kajoran.

Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas atau PTK, penelitian ini dilakukan tiga tahap yaitu, tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kajoran dengan jumlah siswa 32. Instrumen penelitian melalui observasi, wawancara, dan jurnal. Teknik analisis data menggunakan dua teknik yaitu, teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif persentase.

Adapun hasil penelitian adalah, aspek diksi pada prasiklus skor rata-rata 1,5, sedangkan pada siklus I menjadi 2,8 dan pada siklus II meningkat menjadi 4,0. Aspek intonasi pada prasiklus skor rata-rata 3,1, sedangkan pada siklus I menjadi 3,2 dan pada siklus II meningkat menjadi 4,5. Aspek pelafalan mengalami peningkatan, pada prasiklus skor rata-rata 3,0, sedangkan pada siklus I menjadi 3,2 dan pada siklus II meningkat menjadi 4,3. Aspek kelancaran berbicara mengalami peningkatan, pada prasiklus skor rata-rata 2,7, sedangkan pada siklus I menjadi 3,3 dan pada siklus II meningkat menjadi 3,5. Aspek ekspresipun meningkat, dari skor rata-rata pada prasiklus sebesar 2,0 meningkat menjadi 3,7 pada siklus I dan siklus I meningkat menjadi 3,5. Berdasarkan peningkatan dari setiap aspek berbicara dapat dikatakan bahwa siswa mengalami peningkatan keterampilan berbicara bahasa Jawa krama dari prasiklus ke siklus I sebesar 0,78%, siklus I ke siklus II sebesar 0,84%, dan dari prasiklus ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 1,62%. Peningkatan keterampilan berbicara bahasa Jawa krama siswa kelas VIII Negeri 1 Kajoran juga diikuti perubahan perilaku siswa. Setelah dilaksanakan pembelajaran berbicara bahasa Jawa krama dengan menggunakan media video terlihat adanya perubahan perilaku siswa kearah positif.

Kata Kunci: Berbicara, Krama, Media Video

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.