Analisis Struktural Objektif Cerbung Ngoyak Lintang karya Al Aris Purnomo dalamMajalah Panjebar Semangat Tahun 2013
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) struktur cerbung Ngoyak Lintang karya Al Aris Purnomo yang meliputi tema, alur (plot), tokoh dan penokohan, latar, sudut pandang dan gaya bahasa; (2) nilai-nilai pendidikan yang berupa nilai pendidikan religi, moral, sosial dan budaya dalam cerbung Ngoyak Lintang karya Al Aris Purnomo. Sumber data penelitian ini adalah cerbung Ngoyak Lintang dalam majalah panjebar semangat tahun 2013. Instrumen penelitian adalah human instrument (peneliti sendiri) dan dibantu alat tulis dan nota pencatat. Teknik pengumpulan data dengan teknik simak bebas libat cakap dan metode catat. Teknik analisis data dengan teknik deskriptif interpreatif (kualitatif). Teknik penyajian data penulis menggunakan metode informal. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tema dalam cerbung Ngoyak Lintang karya Al Aris Purnomo adalah wanita cantik yang ingin mengejar cita-citanya sebagai pemimpin perusahaan. Alur yang digunakan adalah alur maju. Tokohnya berjumlah tujuh tokoh yaitu dua tokoh utama dan lima tokoh tambahan. Latar yang digunakan meliputi: (a) latar tempat: Kota Solo di Jalan Slamet Riyadi, ruang direktur utama, warung gado-gado, rumah, kos-kosan dan kamar; (b) latar waktu: hari minggu, jam enam sore, siang hari dan jam delapan malam; (c) latar sosial: sosial rendah, latar sosial menengah dan latar sosial tinggi; Sudut pandang yang digunakan adalah orang ketiga “ dia” mahatahu. (2) nilai-nilai pendidikan yang ada dalam cerbung Ngoyak Lintang terbagi menjadi empat yaitu: (a) nilai pendidikan religi berupa hubungan manusia dengan Tuhan meliputi: taat beragama, dengan mengaji setiap hari, selalu menumbuhkan sikap sabar, tidak sombong, tidak angkuh pada sesama, saling mencintai dan menghormati; (b) nilai pendidikan moral berupa hubungan manusia dengan lingkup sosial masyarakat meliputi: ringan tangan, disiplin, kerukunan dan kasih sayang; (c) nilai pendidikan sosial mencangkup kebutuhan hidup bersama meliputi: kasih sayang, kepercayaan, pengakuan, dan penghargaan; (d) nilai pendidikan budaya mencangkup kebutuhan individu meliputi: kerja keras untuk membantu keluarganya dalam mencukupi kebutuhan hidup.
Kata kunci: struktural, nilai-nilai pendidikan
Kata kunci: struktural, nilai-nilai pendidikan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.