Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Jawa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together pada Siswa Kelas VII I MTsN Triwarno Kutowinangun Kabupaten Kebumen

Ani Safaroh

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together); dan (2) mengetahui hasil belajar siswa kelas VII I MTsN Triwarno Kutowinangun tahun pelajaran 2014/2015 setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII I MTsN Triwarno Kutowinangun yang berjumlah 30 siswa dan objek penelitian ini adalah kemampuan menulis aksara Jawa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa pada siswa kelas VII I MTsN Tri warno Kutowinangun tahun ajaran 2014/2015. (2) Hal ini dapat dilihat pada keterampilan menulis aksara Jawa prasiklus nilai rata-rata siswa 61,3 dengan persentase ketuntasan klasikal 20 %, pada siklus I nilai rata-rata kelas 69,5 dengan persentase ketuntasan klasikal 64 %, dan siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 77,3 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 90%.

 

Kata kunci: menulis, aksara Jawa, Numbered Head Together


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.