KAJIAN MORAL DALAM SERAT BRATA SUNU KARYA RADEN NGABEHI REKSODIPURO

Par no

Abstract


Parno. “Kajian Moral dalam Serat Brata Sunu Karya Raden Ngabehi Reksodipuro Skripsi”, Purworejo. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bahasa dan sastra Jawa. Universitas Muhammadiyah Purworejo 2013.

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan nilai moral teks Serat Brata Sunu dan (2) mendeskripsikan relevansi isi teks Serat Brata Sunu.

Teori yang menjadi dasar penelitian adalah teori dari Zuriah yang menjelaskan bahwa moral termasuk salah satu hal yang mempengaruhi tingkah laku dan pikiran manusia agar mengerjakan kebaikan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan teknik baca dan teknik catat. Sumber data berupa naskah Serat Brata Sunu yang tersimpan di Musium Rekso Pustaka Surakarta. Instrumen penelitian digunakan berupa kartu data sebagai sumber instrumen dengan didukung oleh buku-buku yang relevan dengan penelitian.

Hasil penelitian atas teks Serat Brata Sunu tersebut adalah di dalam Teks Serat Brata Sunu banyak memuat nilai moral yang masih relevan dilaksanakan oleh para remaja masa kini. Beberapa nilai moral tersebut diantaranya adalah nilai tentang (1) hubungan manusia dengan Tuhan yang mengajarkan ketaatan kepada Tuhan; (2) hubungan manusia dengan manusia yang mengajarkan ketaatan kepada orang tua, guru dan pemerintah, nilai kerukunan, etika bertingkah laku, kesetiaan seorang istri, dan bahkan tentang persamaan hak antara lelaki dan perempuan; (3) hubungan manusia dengan dirinya sendiri yang mengajarkan tentang memahami diri dari seluruh indra yang dimiliki manusia.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.