UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA WACANA BERHURUF JAWA DENGAN METODE TEAM- GAME -TOURNAMENT (TGT) SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 7 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2012/2013
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini yaitu,(1) Bagaimana cara metode kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran membaca pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 7 Kebumen dan (2) Bagaimana cara metode kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran membaca pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 7 Kebumen.Teori yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah teori yang dikemukakan oleh Slavin. Dalam teorinya, Slavin (1994:84) menyebutkan bahwa ada 5 komponen dalam pembelajaran TGT (1) presentasi kelas, (2) kerja kelompok, (3) permainan (Game), (4) turnamen , dan (5) penghargaan kelompok. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIIIA SMP Negeri 7 Kebumen dengan jumlah 33 siswa, dan objek penelitian yaitu kemampuan siswa membaca teks beraksara Jawa. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam tiga siklus, yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Desain penelitian, prosedur penelitian, instrumen penelitian, teknik pengumpulan data dan teknik analisis data. Alat yang digunakan dalam pengambilan data berupa pedoman observasi, catatan lapangan, lembar pengamatan, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa (1) langkah-langkah ini dilakukan dalam tiga tahap, yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II dengan metode TGT dalam meningkatkan kemampuan membaca teks aksara Jawa, (2) pengaruh metode TGT terhadap motivasi belajar siswa mengalami peningkatan setiap siklus, (3) peningkatan keterampilan membaca teks aksara Jawa dari tahap pra siklus 73,93, siklus I 76,97 dan siklus II 82,07. Peningkatan dari pra siklus ke siklus I 3,04, siklus I ke siklus II 8,14. Sedangkan ketuntasan dari pra siklus 45%, siklus I 57,83% dan siklus II 93,94%. Peningkatan dari pra siklus ke siklus I sebesar 12 %, dari siklus siklus I ke siklus II sebesar 36,11.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.