KAJIAN NILAI PENDIDIKAN DALAM KAMUS PERIBAHASA JAWA KARYA F.S. DARMASOETJIPTA

Mul yani

Abstract


Mulyani. 082160241. Kajian Nilai Pendidikan Peribahasa Jawa Dalam Kamus Peribahasa Jawa Karya F.S. Darmasoetjipta. Skripsi.Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa. Universitas Muhammadiah Purworejo. 2013

Srikpsi yang berjudul Kajian Nilai Pendidikan Peribahasa Jawa Dalam Kamus Peribahasa Jawa Karya F.S. Darmasoetjipta, bertujuan untuk (1) mendeskripsikan jenis-jenis peribahasa yang terdapat dalam Kamus Peribahasa Jawa Karya F.S. Darmasoetjipta, (2) mendeskrisikan nilai pendidikan apa sajakah yangterdapat dalam Kamus Peribahasa Jawa Karya F.S. Darmasoetjipta. Subjeknya adalahmendeskripsikan jenis-jenis peribahasa yang terdapat dalam Kamus Peribahasa Jawa Karya F.S. Darmasoetjipta serta mendeskripsikan jenis-jenis peribahasa yang terdapat dalam Kamus Peribahasa Jawa Karya F.S. Darmasoetjipta, sementara Objek penelitian dalam penelitian ini adalah Kamus Peribahasa Jawa Karya F. S. Darmasoetjipta. Diterbitkan oleh Kanisius, Yogyakarta tahun 1992,  dengan jumlah 218 halaman. Teknik pengumpulan data ini digunakan metode  observasi dan studi pustaka. Teknik analisis data menggunakan metode analisis isi yang mengkaji isi teks dengan teliti dan menyeluruh.Kemudian penyajian hasil analisisnya menggunakan teknik penyajian hasil analisi informal di mana penyajian hasil analisis menggunakan kata-kata biasa.

Hasil analisis dari skripsi ini adalah (1) Dari jumlah seribu peribahasa yang terdapat dalam Kamus Peribahasa Jawa Karya F. S. Darmasoetjipta ini, terdapat 318 paribasan, 466 bebasan, 106 saloka, 20 pepindhan, 3 panyandra. Adapun sisanya tidak dianalisis karena adanya persamaan peribahasa dan terdapat halaman yang hilang; (2) Dibedakan berdasarkan nilai pendidikan yang terdapat dalam Kamus Peribahasa Jawa Karya F. S. Darmasoetjipta, meliputi: nilai pendidikan religius berjumlah 19, nilai pendidikan estetis berjumlah 9, nilai pendidikan ekonomi berjumlah 27, nilai pendidikan politik berjumlah 30, nilai pendidikan teoretis berjumlah 16, dan 827 nilai sosial. Akan tetapi dalam penelitian ini, pembahasan mengenai nilai sosial hanya disajikan berjumlah duapuluh lima, disebabkan karena pembahasan yang kurang lebih sama dan untuk menghemat waktu.


Full Text:

Untitled PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.