Pengembangan Model Pemrosesan Informasi Sosial dalam Pembelajaran Berbicara Unggah-ungguh Bahasa Jawa

Yuli Widiyono

Abstract


Abstrak: Pendekatan komunikatif merupakan pendekatan yang dilandasi pemikiran bahwa kemampuan menggunakan bahasa dalam komunikasi merupakan tujuan yang harus dicapai dalam pembelajaran bahasa. Pembelajaran berbicara unggah-unggah basa Jawa dengan pendekatan komunikatif menekankan kemampuan berkomunikasi sesuai dengan stratifikasi atau tingkatan/undha usuk basa yang tepat.Hasil pengembangan dari model pembelajaran yang sesuai dengan karakter materi pembelajaran akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan proses pembelajaran. Model pembelajaran pemrosesan informasi sosial (social information processing models) yang dikembangkan dengan pendekatan komunikatif merupakan model pembelajaran yang menekankan kemampuan pembelajar untuk membentuk makna dengan memperoleh, mengolah data, dan menghasilkan solusi-solusi yang tepat terhadap masalah, serta mengembangkan konsep bahasa dalam berinteraksi  untuk mempersiapkan dalam mengembangkan proses pembelajaran yang demokratis dan terpadu, baik dalam tataran pribadi maupun sosial serta meningkatkan kegiatan berbasis demokrasi sosial yang produktif. Dengan menerapkan model pemrosesan infomasi sosial dalam pembelajaran berbicara unggah-ungguh basa diharapkan mampu memberikan peranan dalam meningkatkan nilai budi pekerti siswa sehingga memiliki karakter yang kuat dengan nilai budaya bangsa  yang adiluhung.

 

Kata Kunci: Pemrosesan Informasi Sosial, Berbicara, Unggah-ungguh basa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.