Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Bahasa Jawa Bermuatan Kearifan Lokal untuk Siswa Kelas X SMA di Kabupaten Kebumen

Faera Astuti

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) bahasa Jawa bermuatan kearifan lokal untuk siswa kelas X SMA di Kabupaten Kebumen, dan (2) mengetahui efektifitas produk Lembar Kerja Siswa (LKS) bahasa Jawa bermuatan kearifan lokal untuk siswa kelas X SMA di Kabupaten Kebumen. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan (Research and Development). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Instrumen penelitian ini disajikan dalam bentuk tabel, pedoman observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Sumber data penelitian ini berupa soal evaluasi untuk siswa kelas X. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan adalah metode penyajian informal.Dari hasil penelitian pengembangan ini disimpulan bahwa: (1) pengembangan LKS bahasa Jawa bermuatan kearifan lokal untuk memberdayakan keterampilan proses dengan pendekatan saintifik yaitu menggunakan teknik R&D (Research and development) yang dimodifikasi melalui 10 tahapan dengan tahap terakhir dilakukan produk akhir tanpa dilakukannya produksi massal, (2) LKS bahasa Jawa layak digunakan sebagai buku pegangan siswa di sekolah, dan (3) uji kompetensi diperoleh persentase dari hasil postes pada kelas kontrol dan eksperimen. Hasil rata-rata postes kontrol adalah 75,32 dan kelas eksperimen adalah 76,13.

 

Kata Kunci:Lembar  Kerja Siswa (LKS), Kearifan Lokal


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.