Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Bahasa Jawa Bermuatan Kearifan Lokal untuk Siswa kelas XII SMA di Kabupaten Kebumen
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) bahasa Jawa bermuatan kearifan lokal untuk siswa kelas XII SMA di kabupaten Kebumen, dan (2) mengetahui efektifitas Lembar Kerja Siswa (LKS) bahasa Jawa bermuatan kearifan lokal untuk siswa kelas XII SMA di kabupaten Kebumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas (SMA) dan guru kelas XII SMA di Kabupaten Kebumen. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pedoman observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknis analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif dan teknik deskripsi kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan ini, dapat diambil kesimpulan yaitu: (1) pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) bahasa Jawa bermuatan kearifan lokal untuk siswa kelas XII SMA di kabupaten Kebumen menggunakan pendekatan penelitian R&D (Research and Development) yang melalui 10 tahap yaitu analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba skala kecil, revisi produk, uji coba skala besar, revisi produk, produk akhir. (2) uji efektifitas didapatkan dari hasil postest kelas kontrol dan postest kelas eksperimen, dengan hasil nilai rata-rata 63,32 untuk kelas kontrol dan 73,32 untuk hasil nilai rata-rata kelas eksperimen dengan selisih skor 10,00. Uji signifikasi eksperimental menunjukkan bahwa t-nilai lebih tinggi dari dari t-tabel (3,952>2,000).
Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), kearifan lokal
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.