Pengembangan Modul Untuk Mata Pelajaran Bahasa Jawa Pokok Bahasan Menulis Aksara Jawa Untuk Kelas VIII Smp Negeri 4 Purworejo

Ema Herawati

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pengembangan modul mata pelajaran Bahasa Jawa pokok bahasan menulis aksara Jawa untuk kelas VIII SMP Negeri 4 Purworejo; (2) efektivitas  pengembangan modul mata pelajaran Bahasa Jawa pokok bahasan menulis aksara Jawa untuk kelas VIII SMP Negeri 4 Purworejo.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian yang dilakukan adalah analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi prototipe, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk. Data dalam penelitian ini adalah angket kebutuhan dan deskripsi uji ahli, data tentang tanggapan siswa menegenai modul, dan hasil kerja ilmiah siswa yang telah diamati oleh observer selama proses pembelajaran. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket yang meliputi angket observasi, angket kebutuhan dan angket uji ahli. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif  dan kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan modul menulis aksara Jawa dengan judul “Ayo sinau nulis aksara Jawa.” Kelayakan modul didasarkan atas penilaian terhadap modul oleh hasil uji coba produk awal berdasarkan validasi ahli yang telah melalui tahap revisi. Dari uji efektivitas diperoleh presentase dari hasil postes pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Adapun hasil analisis data rata-rata nilai postes dari kelas kontrol 68,81 dan kelas eksperimen 78,59, dapat diketahui ada peningkatan nilai pada postes kelas eksperimen dengan selisih  9,78.

 

Kata Kunci : Modul, menulis aksara Jawa

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.