Peningkatan Keterampilan Menulis Kalimat Berhuruf Jawa dengan Media Gambar Melalui Metode Kuantum pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Kedungbateng Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015

Ida Nuraeni

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Penerapan langkah-langkah belajar menulis kalimat berhuruf Jawa dengan metode kuantum, (2) Penggunaan media gambar dengan metode kuantum, (3) Peningkatan motivasi belajar menulis kalimat berhuruf Jawa dengan metode Kuantum. Jenis penelitian: deskriptif kualitatif. Sumber data: siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kedungbanteng. Data: hasil belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kedungbanteng. Teknik pengumpulan data: tes melalui prasiklus, siklus I, dan siklus II. Instrumen penelitian: lembar observasi dan soal tes. Hasil penelitian ini meliputi: (1) Penerapan langkah-lagkah belajar menulis kalimat berhuruf Jawa ditempuh melalui 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus ditempuh langkah Tandur, yaitu: (a) Tumbuhkan, guru mengenalkan dan menjelaskan cara menulis kalimat berhurufJawa, (b) Alami, siswa mempelajari contoh kalimat berhuruf Jawa, sandhangan, pasangan, dan pratandha, (c) Namai, siswa mendiskusikan kalimat berhuruf Jawa yang telah ditugaskan oleh guru, (d) Demonstrasi, guru meminta siswa menjelaskan hasil diskusi di depan kelas, (e) Ulangi, siswa diminta untuk memperbaiki tulisan siswa yang sudah dikoreksi oleh guru, (f) Rayakan, guru menilai hasil karya siswa dan memberikan penghargaan, pujian, dan tepuk tangan kepada siswa yang mampu menulis kalimat berhuruf Jawa dengan benar. (2) Penggunaan media gambar dengan metode kuantum pada pembelajaran menulis kalimat berhuruf Jawa dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dilihat dari prasiklus siswa yang tuntas 8 siswa dari 20 siswa, siklus 1 siswa yang tuntas 13 siswa dan siklus 2 yang tuntas 17 siswa. (3) Peningkatan motivasi belajar menulis kalimat berhuruf Jawa dengan metode Kuantum dilakukan melalui prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada siklus 1 siswa yang aktif dalam pembelajaran ada 9 siswa dari 20 siswa Pada siklus 2 siswa yang aktif dalam pembelajaran ada 18 siswa. Fakta inilah yang menunjukkan bahwa dengan media gambar melalui metode kuantum dapat meningkatkan keterampilan menulis kalimat berhuruf Jawa pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kedungbanteng tahun pelajaran 2014/2015.

 

Kata kunci: metode kuantum, keterampilan menulis kalimat berhuruf Jawa

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.