Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Unggah-Ungguh Bahasa Jawa Melalui Metode Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) Pada Siswa Kelas XI di SMA Islam Sudirman Kaliangkrik Kabupaten Magelang

As hudi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Proses pembelajaran dalam peningkatan kemampuan berbicara bahasa jawa pada siswa kelas XI SMA Islam Sudirman Kaliangkrik Kabupaten Magelang, (2) Metode bermain peran (Role Playing) dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas XI SMA Islam Sudirman Kaliangkrik Kabupaten Magelang, (3) Prestasi belajar pembelajaran keterampilan berbicara dengan unggah-ungguh bahasa jawa melalui metode bermain (Role Playing) peran pada siswa kelas XI SMA Islam Sudirman Kaliangkrik Kabupaten Magelang.Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan; pelaksanaan ttindakan; pengamatan; dan refleksi. Objek penelitian ini adalah siswa kelasXI SMA Islam Sudirman Kaliangkrik Kabupaten Magelang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik nontes. Teknik nontes terdiri dari angket dan dokumentasi.Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu berdasarkan analisis data penelitian terlihat bahwa pembelajaran menggunakan metode bermain peran (Role Playing)dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam berbicara bahasa jawa Hasil pengamatan aktivitas siswa pada tahap prasilkus dan silkus Inilai rata- rata dari 54 menjadi 63,2 terjadi peningkatan sebesar 9,2, dan pada silkus II meningkat menjadi 78, dengan peningkatan pada silkus I ke silkus II sebesar 14,8. Sedangkan dari prasilkus ke silkus II terjadi meningkat sebesar 24 dari nilai rata-rata prasilkus sebesar 54 ke 78. Hasil belajar siswa pada prasilkus memiliki ketuntasan sebesar 53,4%, terjadi peningkata pada silkus I menjadi 86,7%. Sedangkan pada silkus II terjadi ketuntasan 100%. Dengan begitu antara prasilkus ke silkus I mengalami peningkatan sebasar 33,3%. Ketuntasan silkus I ke silkus II yaitu 13,3 %, hal ini menunjukkan bahwa metode bermain peran (Role Playing) dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran berbicara dengan unggah-ungguh Bahasa Jawakelas XI SMA Islam Sudirman Kaliangkrik Kabupaten Magelang.

 

Kata Kunci: Berbicara, Unggah-Ungguh Bahasa Jawa, Bermain Peran

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.