Analisi Gaya Bahasa dan Nilai Pendidikan pada Geguritan dalam Majalah Djaka Lodang Edisi Bulan Maret – Mei 2014

Siti Suwarni

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) jenis gaya bahasa berdasarkan langsung tidaknya makna pada geguritan dalam majalah Djaka Lodang edisi bulan Maret-Mei 2014, (2) nilai pendidikan pada geguritan dalam majalah Djaka Lodang edisi bulan Maret-Mei 2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah gaya bahasa berdasarkan langsung tidaknya makna dan nilai pendidikan yang terdapat pada geguritan dalam majalah Djaka Lodang edisi bulan Maret-Mei 2014. Objek penelitian ini adalah geguritan yang terdapat dalam  majalah Djaka Lodang edisi bulan Maret - Mei 2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pustaka dan teknik simak catat. Instrumen yang digunakan adalah peneliti itu sendiri dibantu dengan kartu pencatat data. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik content analysis atau analisis isi. Teknik penyajian hasil analisi data menggunakan teknik informal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya gaya bahasa berdasarkan langsung tidaknya makna dan nilai pendidikan yang terdapat pada geguritan dalam majalah Djaka Lodang edisi bulan Maret-Mei 2014. Gaya bahasa berdasarkan langsung tidaknya makna berupa: (a) gaya bahasa retoris meliputi: 4 indikator aliterasi, 3 indikator hiperbol, 5 indikator eufemismus, 12 indikator asonansi, 1 indikator zeugma, dan 2 indikator histeron proteron, (b) gaya bahasa kiasan meliputi: 15 indikator personifikasi, 1 indikator sinekdoke tatum pro parte, 3 indikator sinekdoke pars pro toto, 3 indikator ironi, 1 indikator sinisme, 1 indikator sarkasme, 6 indikator persamaan atau simile,10 indikator metafora,1indikator epitet, 1 indikator fabel, 1 indikator antonomasia, dan 1 indikator metonomia. Nilai pendidikan berupa: (a) 1 indikator nilai pendidikan agama, (b) nilai pendidikan moral: 1) 7 indikator hubungan manusia dengan diri sendiri, 4 indikator hubungan manusia dengan manusia lain, 4 indikator hubungan manusia dengan Tuhannya, dan (c) 1 indikator nilai pendidikan sosial.

 

Kata Kunci : gaya bahasa, nilai pendidikan,  geguritan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.